Nintendo DS - SaGa 3: Jikuu no Hasha: Shadow or Light (English Patch) Review

Halo sobat mini4k, jumpa lagi dengan saya. Jika sebelumnya saya sudah mengulas tentang game pendahulunya yaitu SaGa 2 - Hihou Densetsu. Dan di kesempatan kali ini saya akan mengulas serie lainya dari game SaGa yaitu SaGa 3: Jikuu no Hasha: Shadow or Light.

SaGa 3: Jikuu no Hasha: Shdow or Light adalah game RPG yang di rilisbSquare Enix pada 6 Januari 2010 untuk Nintendo DS.

Plot:
SaGa 3: Jikuu no Hasha - Shadow or Light mempunyai plot yang sama dari Final Fantasy Legend III, karakter akan di kirim untuk pergi ke masa depan dimana mereka akan menyaksikan dunia dengan kehancuran yang besar yang di sebabkan oleh air yang meluap dari lautan. Kemudian mereka akan kembali ke masa lalu dimana kita berperan untuk mencegah sesuatu yang akan terjadi di masa depan.

Tips untuk kamu yang baru memainkan game:
Ketika kamu melakukan warp ke masa depan sebaiknya kamu mengumpulkan uang yang banyak buat membeli senjata weapon / armor yang terdapat di shop. Karena ketika kita sudah terlanjur kembali ke masa lalu tanpa membeli senjata seperti katana, submachine, spear dan lainya maka kita tidak akan mendapatkanya di shop dalam kurun waktu yang lama.


Main Story dengan Boss Battle yang Menantang

Gameplay:
Tidak jauh berebeda soal gameplay dengan Final Fantasy Legend III, denggan battle system turn bassed, kita bisa mengontrol semua anggota team, serangan kombinasi dengan efek yang memukau. Begitupun ketika kamu membuka menu player note maka akan terdapat banyak sekali side-quest yang masih terkunci dan akan terbuka beriringan dengan main story. Semua itu bisa kita selesaikan dengan mudah , kita hanya perlu terus membasmi para monster dengan demikian tingkat kekuatan skil weapon, magic dan level dari setiap karakter akan meningkat.


Main Characther Yang Berevolusi ke Mode Beast

Tentang Evolusi:
Player dapat melakukan evolusi terhadap empat karakter utama, karakter dapat berevolusi ke mode : Beast, Monster, Cyborg ataupun Mecha setelah mendapatkan item drop berupa meat ataupun gear dengan menkonsumsikanya kepada karakter yang ingin kita evolusikan.

Kemungkinan buruk ketika kamu merubah karaktermu ke mode monsters adalah kamu tidak dapat menggunakan weapon equip terhadap karakter tersebut, kita hanya akan bertarung dengan skil asli dari monsters tersebut.

Jika kamu mau mengembalikan karaktermu seperti semula, kamu hanya perlu mencari item drop berupa Gear, karena dengan menkonsumsikan sebanyak kita memakan meat maka item tersebut akan memgembalikan karakter kita yang sedang berada dalam mode beast ataupun monster akan kembali ke mode manusia.

Tentang Equipment:
Seperti yang kita kenal SaGa 2 dan 3 adalah game dengan mode equip terunik dan sekaligus tersulit. Dimana kita harus terus mengumpulkan uang dengan demikan kita bisa membeli weapon yang sama secara terus menerus. Karena berbeda dengan game RPG lainya. SaGa series membuat kita sedikit menghemat senjata, dimana senjata / weapon tersebut akan di batasi penggunaanya seperti Katana dan Submachine Gun yang hanya bisa digunakan sebanyak 40x-60x begitupun dengan senjata yang lainya, setelah itu kita tidak bisa menggunaan senjata tersebut kecuali kita kembali membelinya di toko. Begitu pula dengan item Magic.


3D Graphics yang di hadirkan Begitu Menawan

Grapichs:
SaGa 3: Jikuu no Hasha: Shadow or Light adalah sebuah game hasil remake dari Serie Final Fantasy Legend III, dimana telah banyak sekali perubahan dari segi grafis. Square Enix kali ini mengahdirkan SaGa 2 dan 3 dengan balutan full 3D cell-shaded (baik untuk karakter maupun background). Kualitas 3D yang di hadirkanpun bukan main apalagi jika kita menambahkan dukungan filter shaders, maka kamu akan menyaksikan kualitas 3DS di handheld Nintendo DS milikmu.

Musik:
Seperti pada game RPG umumnya semuanya pasti akan menyelipkan beberapa musik kedalam permainan, untuk SaGa 2: Hihou Densetsu sendiri terdapat banyak sekali musik yang bisa kita nikmati ketika kita memasuki sebuah penginapan dimana kita bisa memutar musik sesuai yang di inginkan. Namun di serie SaGa 3 kali ini untuk musik akan di atur secara random dan overall untuk musik saya tidak begitu memperhitungkanya di serie SaGa ini.

Overall:
Untuk keseluruhan game ini sangat menakjubkan sekali, baik dari segi grafis ataupun gameplay, yang membuat saya suka dan tertantang di game ini adalah sistem penggunaan senjatanya yang di batasi. Dimana kita di haruskan mengirit dan di samping itu kita juga harus terus meningkatkan level. Ini adalah salah satu game Remake dengan kualitas terbaik untuk Nintendo DS.

Penasaran seperti apa gameplaynya? Mari kita langsung saja lihat gambar - gambar di bawah ini.

INFORMASI ROM
Nama: SaGa 3: Jikuu no Hasha: Shadow or Light
Tanggal Rilis: 6 januari 2010
Publisher: Square Enix
Platform: Nintendo DS
Genre: RPG
Region: Jepang
Bahasa: English (Patched)

English Patch Info
Made by: cain05
Patch version: v2.0.830 Beta
Website: www.cainsdomain.com

Download ROM

Baiklah sobat mini4k, itulah dia review dari game SaGa 3: Jikuu no Hasha : Shadow or Light atau Final Fantasy Legend III untuk Nintendo DS. Buat kamu yang tertarik untuk memainkan game ini di smartphone android, maka saya sarankan untuk mendownload apk/emulator DraStic. Terimakasih dan sampai jumpa kembali di postingan selanjutnya.

0 Response to "Nintendo DS - SaGa 3: Jikuu no Hasha: Shadow or Light (English Patch) Review"

Posting Komentar