Review - My Boy! Emulator GBA (GameBoy Advance) Untuk Android

Halo sobat mini4k, jumpa lagi dengan saya. Di kesempatan kali ini saya akan mengulas tentang My Boy! Atau Emulator GameBoy Advance untuk Android. Penasaran seperti apa kelebihan dari emu satu ini? Baiklah langsung saja ayo kita simak ulasan berikut.

Apa itu My Boy?
My Boy! (Apk) adalah suatu program yang di buat oleh Fast Emulator dan di kemas kedalam bentuk aplikasi (apk) - sehingga kita sebagai pengguna smartphone android dapat bernostalgia (memainkan) game klasik gameboy advance.

Apa kamu ingin bernostalgia memainkan game Pokemon ?
Yeaaah dan inilah saatnya, MyBoy memungkinkan kamu kembali untuk menikmati game-game lawas dari Gameboy seperti Pokemon Ruby - Sapphire, Pokemon Emerald, Pokemon FireRed - LeafGren, Golden Sun Lost Age dan masih banyak lagi.

Bagaiamana cara kita mendapatkan gamenya?
Hmmm tentu saja, yang namanya emulator hanyalah sebuah wadah. Sama seperti handheld gameboy itu sendiri, maka dari itu untuk dapat memainkan game klasik di smartphone android dengan menggunakan MyBoy, kamu harus menyediakan juga game / rom gba itu sendiri. Caranya gampang ko, kamu cukup mendownload rom game GBA dengan mengunjungi situs / website yang menyediakan rom gba. Seperti : Emuparadise , Romsmania dan Tentunya di blog saya ini juga kedepanya akan menyediakan rom GameBoy Advance.

Lalu apa saja kelebihan dari My Boy! ?
Hmmm bicara soal kelebihan dari suatu emulator rasa-rasanya hampir sama, yang pertama mungkin dan tentu saja bisa memainkan game-game dari handheld ternama seperti GameBoy Advance (My Boy), Nintendo DS (DraStic) dan Playstation Portable (PPSSPP) secara langsung di smartphone android kita.
Baiklahlah berikut ini akan saya ulas mengenai fitur apa saja yang terdapat di emulator My Boy.


Pokemon Light Platinum dengan dukungan Shaders HQ2x pada emulator My Boy!

1. Dukungan GLSL Shaders
Ini adalah fitur wajib bagi para developer setiap emulator, rasanya kalo gak ada dukungan shaders mungkin kurang lengkap. Shaders untuk My Boy bisa kamu dapatkan di Google play dengan membelinya, tapi tenang saya sudah menyediakan versi gratisnya ko, nanti sobat tinggal download saja Shaders My Boy! yang sudah saya siapkan di bawah, kemudian install. Untuk cara penerapanya cukup mudah ko, sobat tinggal masuk ke aplikasi My Boy! kemudian klik pengaturan lalu klik lagi Video kemudian tinggal pilih opsi paling bawah lalu pilih deh shadersnya sesuai selera.

2. Custom Cheat
Kalo soal cheat rasanya tidak perlu di pertanyakan lagi, di setiap emu yang ada di playstore saya rasa semuanya menyelipkan fitur ini. Di kala kita bosan dan tidak menemukan jalan keluar ketika memainkan game RPG mungkin cara ini bisa jadi solusinya hehehe. Terdapat 4 jenis pengkodean yang bisa kamu gunakan, di antaranya : CodeBreaker, GameShark v1/v2, GameShark v3 (Action Replay) dan RAW code.

3. Lokal MultiPlayer
Ini dia yang benar-benar ada. Saya hampir tidak percaya dan setelah mencobanya - kemudian benar-benar bekerja dengan baik, saya sangat senang sekali dengan dukungan fitur satu ini. Bagaimana tidak? Saya bisa bermain 'vs mode' dengan teman di samping saya ketika memainkan game Yu-Gi-Oh! GX Duel Academy dan itu bekerja dengan baik dan tanpa kendala. Yang luar biasanya lagi pihak developor dari My Boy! mengembangkan fitur ini dengan sangat luar biasa sehingga kita bisa menikmatinya secara offline menggunakan Wifi host atau Bloetoth. Hampir setiap hari saya mengakses battle field YGO GX , berduel kartu dengan teman saya menggunakan emulator My Boy ini. Bukan cuma game Yu-Gi-Oh saja loh yang bisa kamu mainkan multiplayer dengan teman di sampingmu. Ada juga game : Mario Kart, Crash Nitro Kart , Zelda Four Sword, Sonic Advance 3 dan masih banyak lagi.

4. Dukungan Key Mappings
Fitur ini sangat penting sekali , sedikitnya masih ada smartphone dengan keyboard seperti Sony Xperia Play dan Nvidia Shield K1, dengan adanya fitur ini kamu bisa menggunakan keyboard dari smartphone tersebut. Atau juga kamu bisa memainkan gamenya dengan menggunakan dukungan Gamepad Stick Wireless (seperti Ipega misalnya). Dikala kamu kurang puas jika memainkanya dengan menggunakan virtual pad yang terdapat pada touchscreen, atau layar dari android milikmu terlalu kecil karena itu dengan adanya fitur key mappings kamu bisa menggunakan keyboard (otg) atau Wireless Gamepad.

5. Save State dan Load State
Sudah lumrah rasanya bicara soal fitur save state/simpan kondisi permainan saat ini. Dengan fitur ini kamu bisa merubah apapun yang akan terjadi di depan ketika kamu memainkan game. Misalnya kamu bisa merubah jawaban yang salah menjadi benar. Fitur ini memungkinkan kamu menyimpan permainanmu di manapun kamu berada, atau ketika kamu memainkan game yang tidak ada opsi always save, maka akan kerepotan ketika kamu memainkan mission mode/story mode karena kamu tidak akan mudah menemukan save point, namun dengan dukungan save state dan load state di emu My Boy! - kamu bisa menyimpan permainanmu saat itu juga, kemudian kamu bisa keluar dari permainan dan melanjutkanya lagi dengan menggunakan load state.

6. Auto Save
Auto Save adalah opsi dalam suatu permainan yang memungkinkan kamu untuk selalu menyimpan permainanmu (save) ketika kamu keluar dari permainan, dan ketika kamu membuka/memainkan game itu kembali maka kamu akan melanjutkan permainanmu dari aktifitas terakhir -> kamu memainkan game tersebut. Sobat bisa meng-aktifkan atau menon-akrifkan opsi ini pada pengaturan - misc di emu My Boy!.

Dan masih banyak lagi fitur - fitur lain dari My Boy, namun saya rasa itu saja sudah cukup. Baiklah buat sobat yang tertarik untuk memainkan game klasik GameBoy Advance di smartphone androidnya, maka ayooo sekarang juga download emulator My Boy!.

Informasi Aplikasi
Name: My Boy!
Pengembang: Fast Emulator
Release date: 13 august 2012
Platform: Android
Running: android 2.0 - up
Version: 1.7.0.2 (Paid)
Extension: Apk

Download My Boy!.apk

Shaders My Boy!

Baiklah sobat mini4k, itulah dia ulasan mengenai aplikasi My Boy! atau Emulator GameBoy Advance untuk android. Kamu bisa mendukung pengembangan aplikasi ini dengan cara membeli aplikasi ini di Google Play. Terimakasih dan sampai jumpa kembali di postingan selanjutnya.

1 Response to "Review - My Boy! Emulator GBA (GameBoy Advance) Untuk Android"

  1. aku kurang suka game gba jejak dulu ajh deh..... bro saran saya upload game nds berbahasa indonesia tank's you

    BalasHapus